Menulis Buku Cerita Digital


 RESUME KBMN 28 PGRI

Pertemuan   : 16
Hari/tgl          : 13 Februari 2023
Narasumber : Ibu Nur Dwi Yanti ,S.Pd
Moderator    : Bapak Dail Ma'ruf, M.Pd
Tema             : Menulis Buku Cerita Digital

Malam ini merupakan pertemuan ke 16, dalam Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN)  Angkatan 28 yang diselenggarakan PGRI. 
Materi akan disampaikan oleh Ibu NDY, panggilan akrab Ibu Nur Dwi Yanti, S.Pd, dengan moderator yang tidak asing lagi yaitu Bapak Dail Ma'ruf. Tema yang akan diangkat adalah Menulis Buku Cerita Digital.

Untuk malam hari ini, kelas belajar menulis disampaikan dengan sedikit berbeda dari biasanya, dimana biasanya disampaikan lewat chat wa kini disampaikan lewat zoom meeting.
Sebelum kita menyimak materi dari narasumber kita simak profil Beliau di laman berikut:

Ibu NDY dalam paparannya menyampaikan bahwa, Buku Digital adalah salah satu jenis buku bacaan dalam bentuk soft copy  atau elektronik dan dapat dibaca melalui perangkat digital seperti smartphone, PC atau laptop.

Fungsi Buku Digital

Sebagai salah satu alternatif media belajar dan sebagai media informasi.


Buku Digital lebih praktia, efesien dan dapat diakses kapan saja dan darimana saja dan dapat disimpan dalam bentuk e-book.

Berikut kita sajikan jenis jenis buku digital.

Untuk membuat buku digital memang membutuhkan kecermatan dan konsep yang matang selain itu kemampuan mengoperasikan aplikasi aplikasi pendukung dalam membuat buku digital,berikut contoh aplikasi yang biasa digunakan dalam membuat buku digital.

Didalam membuat konsep buku digital sangat tergantung dari si pembuat, bisa saja hanya berisi tulisan saja atau memadukan antara tulisan dan gambar untuk menguatkan cerita didalamnya. Karena tidak semua penulis memiliki keahlian menggambar, tentu ini memiliki tingkat kesulitan tersendiri.
Namun untuk mengatasi hal tersebut, bisa melakukan kolaborasi dengan ahli desain, atau melibatkan siswa yang pintar menggambar, bisa juga dengan menggunakan  aplikasi yang bisa merubah foto/gambar menjadi komik  sehingga itu akan lebih menarik apabila dapat diterapkan dalam buku cerita digital.

Meskipun materi malam ini sedikit membutuhkan keahlian khusus namun materi ini dapat memberikan wawasan baru dan ilmu baru bagi peserta KBMN angkatan 28. Semoga bermanfaat.
Salam Literasi



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi Modul 3.1 tentang Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Gali Potensi, Ukir Prestasimu

Bagaimana Menulis Buku Ajar