Sempatkan untuk Menulis Setiap Hari


 

Materi Pertemuan 1: Sempatkan untuk Menulis Setiap Hari

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Para peserta KBMN angkatan 28 yabg berbahagia, semoga selalu dalam kesehatan dan lindungan Allah s.w.t, sehingga mampu mengikuti kegiatan KBMN dengan baik. Alhamdulillah saya masih diberikan kekuatan untuk mengikuti kegiatan KBMN angkatan 28  bersama dengan 1000 (seribu) peserta lainnya yang berasal dari beberapa kota yang tersebar diseluruh tanah air.Pada pertemuan  hari pertama, senin, 9 Januari 2023, diisi oleh Dr.Wijaya Kusuma,M.Pd dengan moderator Bapak Dail Ma'ruf.

Pada pertemuan pertama  pemateri melakukan perkenalan, Dr. Wijaya Kusuma yang merupakan kelahiran Jakarta 28 Oktober 1972. Beliau merupakan lulusan S1 pendidikan Teknik Elektro IKIP (UNJ) Jakarta tahun 1990 sampai 1994 Kemudian beliau melanjutkan studi S2 nya pada Tahun 2007-2009 dan beliau menyelesaikan pendidikan S3 nya di UNJ Tahun 2022.

Saat ini bekerja di SMP Labschool Jakarta dan beliau merupakan pendiri guru blogger Indonesia dan pendiri kelas KBMN PGRI yang saat ini pada gelombang 28.

Dalam materinya beliau mengajak peserta untuk menulis setiap hari,bisa pagi siang, sore atau malam hari, karena pada dasarnya manusia bisa menulis karena kita semua sudah bisa membaca. Untuk bisa menulis, biasakan membaca karya orang lain,

Kebanyakan orang tidak bisa menulis karena malas membaca tulisan orang lain. Atau merasa tulisannya yang paling hebat. Padahal di atas langit ada langit. Kita harus melepaskan baju kesombongan kita.Menulis merupakan bentuk aktualisasi kita agar bermakna dan bermanfaat buat banyak.

Beliau memiliki motto " menulislah setiap hari dan lihatlah apa yabg akan terjadi".Dan Beliau telah membuktikan bahwa dengan tulisan tulisannya telah melahirkan buku buku hebat, yang mengantarkan keliling indonesia, bahkan atas tulisannya telah mengantatkan beliau bertemua dengan Presiden Joko Widodo. Beliau juga menyampaikan untuk menulis dengan hati, agar pembaca yang mengunjungi blog kita juga datang hati.

 Dail Makruf selaku moderator juga menimpali bahwa sebagai alumni KBMN ke 20, juga  menambahkan dan sharing dengan teman peserta "bahwa saya juga tahun lalu peserta KBMN 20, setelah nurut nasihat Om Jay dan ikuti mantra sakti --Menulis setiap hari alhamdulillah dalam 1 tahun sudah punya 50 Buku. Peserta yang lulus itu telah mempraktikkan ilmu menulis setiap hari dan mau belajar hal-hal yang baru"

Dr. Wijaya Kusuma (Om Jay) bercerita bahwa Tahun 2008 sekolah Omjay kebakaran dan mulailah Omjay manfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Tulisan siswa di blognya menjelma menjadi buku yuk kita ngeblog dan mendapat juara pertama lomba buku pengayaan Depdikbud dengan hadiah Rp. 20.000.000. Omjay tak pernah mengira berkenalan dengan bapak Dedi dwitagama di Pascasarjana membawa berkah. Omjay menjadi tahu apa itu blog dan mendapat juara pertama lomba blog dari pusat bahasa tahun 2009.

Pertemuan KBMN dibagi menjadi 2 sesi yaitu presentasi dari pemateri yang kedua sesi tanya jawab.

Pada sesi pada sesi tanya jawab ini peserta sangat antusias untuk mengajukan beberapa pertanyaan ada 29 nanya yang mengajukan pertanyaan kepada materi yang dibantu oleh moderator dan saya sendiri merupakan penanya yang ketiga dengan pertanyaan sebagai berikut

P3: Bagaimana cara menyempatkan menulis ditengah kesibukan tugas tugas utama sebagai pendidik, sebagai bapak dari anak2..itu yang terkadang menjadi kendala..mohon motivasinya

Dijawab:

Dengan adanya HP semuanya menjadi mudah. Kita bisa menulis dimana saja dan kapan saja. Bahkan sambil buang air besar kita bisa menulis.

Masih pertanyaan pertanyan yang diajukan oleh para peserta.

Mudah-mudahan dengan materi yang disajikan oleh Om Jay kita bisa lebih termotivasi, berkarya melalui tulisan.

Diliput oleh: Teguh Wiyono,M.Pd

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi Modul 3.1 tentang Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Gali Potensi, Ukir Prestasimu

Mengelola Majalah Sekolah