Bagaimana Menulis Buku Ajar


 RESUME KBMN 28 PGRI

Pertemuan: 19
Hari : Senin 20 Februari 2023
Narasumber: Dr. Mudafiatun  Isriya
Moderstor: Mutmainah
Tema: Menulis Buku Ajar

Assalamu alaikum warahmatullaho Wabarakaatuh.
Pada pertemuan malam ini, kita akan di temani oleh narasumber Ibu Dr. Mudafiatun Isriyah, M. Pd. Beliau adalah konselor dan penulis juga asesor BAN PAUD Jatim. Lulus cum laude prodi PAUD UNESA Surabaya dan melanjutkan studi di Universitas Negeri Malang untuk meraih gelar doktor Bimbingan dan Konseling. 

Beliau juga merupakan alumni BM 4 asuhannya Omjay. Dan peraih buku terbaik Perpusnas 2021 bersama prof Ekoji dalam tantangan menulis selama satu minggu. Profil lengkap dapat dilihat melalui link berikut ini:


Dalam menyampaikan materinta, narasumber akan didampingi oleh Ibu Mutmainah yang dikenal dengan Ibu Emut Lebak. setelah Ibu Emut membuka acara dan menyampaikan susunan pembelajaran malam ini.  Waktu diberikan sepenuhnya kepada pemateri.

Beliau memulai paparan Materi dengan membahas pengertian
1. Bahan Ajar  VS  Buku Ajar
2. Pentingnya BA dalam pembelajaran
3. Buku Ajar dan Buku Hasil Penelitian/Hasil Pemikiran
4. Cara Penulisan Buku Ajar
5. Prinsip-prinsip Pemilihan Materi Buku Ajar

Menurut Beliau, kita sebagai penulis buku adalah menguasai penguasaan ilmu, kemampuan berbahasa, dan paling penting adalah punya komitmen. 

Bagaimana Bahan ajar vs buku ajar itu

1. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis atau pun tidak tertulis.

2. Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan peserta didik untuk belajar.

3. Bahan Ajar Cetak 
• Buku Teks,
•Buku Referensi, dan Monograf, 
•Bahan Ajar Mandiri = Modul = BAJJ  •Panduan = Petunjuk = Pedoman, •Atlas = Peta 
•Diagram = Poster   
•Brosur = Leaflet = Manual      
Bahan Ajar non-Cetak 
• Internet = Web Based Courses = e-learning 
• CAI = Pembelajaran Berbantuan Komputer 
• Slide 
• Video / TV 
• Audio / Radio

Buku Ajar merupakan salah satu bentuk bahan ajar.
 Buku Ajar adalah buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001)

MENGAPA BUKU AJAR PENTING DALAM PEMBELAJARAN?
1. Guru lebih banyak waktu untuk memberi bimbingan kepada siswa/mahasiswa
2. Siswa dapat belajar sekalipun tidak ada guru
3. Siswa dapat belajar kapan dan di mana saja
4. Siswa tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi
5. Siswa bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi.

Kemudian, mengapa buku ajar ini wajib diwujudkan oleh seorang guru?
Mengacu pada TRILOGI PEMBELAJARAN

1.  ada Tujuan, 
2 Srtategi 
3. Penilaian

Karena Syarat minimal terjadinya pembelajaran adalah mahasiswa/ siswa – Materi – Guru/ Dosen

Beban belajar mahasiswa untuk 2 sks (SN-DIKTI, 2015): 2 sks = 340 menit. Kebutuhan bahan bacaan?
Seorang guru memiliki kepentingan untuk memenuhi kebutuhan dlm mengajar nya yaitu dg menata buku ajar sendiri sesuai mata pelajaran yg kita ampu

Selain itu apa KEUNTUNGAN BUKU AJAR BAGI GURU/DOSEN?
1. Promosi & Kenaikan 
      Pangkat 
2. Mendapatkan insentif 
3. Finansial-Royalti
4. Eksistensi diri
5. Media Ekspresi
6. Branding Personal dan Institusi
7. Penguatan Keilmuan; dll. 
8. Eksistensi diri

Guru adalah sebagai agen Aktivitas Pembelajaran

CAPAIAN PEMBELAJARAN ?
Guru adalah sebagai Peneliti dan Pembelajar
Pengalaman dan Kurikulum sebagai pegangan kita dlm menulis buku ajar
Guru membuat RPS/ Silabus
Desain pembelajaran sebagai langkah awal untuk memulai
semua mata pelajaran yg di desain itu sama dg outline calon buku kita
Dan itu akan menghasilkan buku ajar, Buku modul dan diktat
Seorang guru juga sebagai PENELITI? maka akan menghasilkan buku referensi, monograf, artikel ilmiah, ini bahan untuk mjd buku

JENIS-JENIS BUKU AJAR
1. BUKU AJAR, 
2. BUKU MODUL, 
3. DIKTAT, 
4. PETUNJUK PRAKTIKUM, 
5. NASKAH TUTORIAL

BUKU HASIL PENELITIAN/PEMIKIRAN
Antara lain menghasilkan: 
1. BUKU REFERENSI, 
2. MONOGRAF

Bagaimana dengan BUKU AJAR  VS BUKU TEKS?

Buku Ajar pada umumnya: 
1. Ditulis dan dirancang untuk digunakan siswa/mhs.
2. Menjelaskan tujuan pembelajaran. 
3. Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel.
4.Strukturnya berdasarkan kompetensi yang akan dicapai.
5. Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.
6. Selalu memberikan rangkuman. 
7. Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa
8. Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran.
9. Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa.
10.Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar.


Buku Teks pada umumnya:
1. Ditulis terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.
2. Tidak selalu menjelaskan tujuan pembelajaran. 
3. Disusun secara linier. 
4. Strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu (content).
5. Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.
6. Selalu memberikan rangkuman. 
7. Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa
8. Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran.
9.Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai. 
10.Tidak memberikan petunjuk cara mempelajarinya.

sekarang tinggal dipilih mana yg paling sesuai dan dibutuhkan entah itu untuk kepentingan pribadi maupun unt siswa itu sendiri

CARA PENYUSUNAN BUKU AJAR

1.PENATAAN INFORMASI (compilation text)

Guru/Dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran berdasarkan RPS yang telah disusun

2.PENGEMASAN KEMBALI  (information repackaging)

Guru/Dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalah RPP
 3. MENULIS SENDIRI (starting from scratch)
Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarkan RPS mata kuliah yang diampu
waw banyak sekali yaahhh silakan teman guru bagi yg mau bertanya disimpan dulu ya sebelum materi ini tuntas

PROSEDUR KOMPILASI

Kumpulkan seluruh buku, artikel jurnal ilmiah, dan sumber acuan lain yang digunakan dalam mata pelajaran seperti yang tercantum dalam daftar pustaka di RPS. 
Tentukan bagian-bagian buku, artikel jurnal ilmiah, dan bagian dari sumber acuan lain yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS. 
Fotokopi seluruh bagian dari sumber yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS. 
Pilahlah hasil fotocopy tersebut berdasarkan urutan Bahan Kajian yang sesuai dengan RPS.

Buatlah/tulislah halaman penyekat bahan untuk setiap Bahan 
    Kajian/BAB. 
6. Bahan-bahan yang sudah dilengkapi dengan halaman penyekat untuk 
    setiap Bahan Kajian kemudian dijilid rapi (selanjutnya dicopy untuk 
    dibagi kepada mahasiswa). 
7. Buatlah/tulislah pedoman guru/dosen dan pedoman siswa/mahasiswa 
    untuk mendampingi bahan yang sudah dikompilasi tersebut.

iya semangattt agar tulisan kita berbobot, ada novelty nya


 PROSEDUR PENGEMASAN KEMBALI INFORMASI
Informasi yang sudah ada di pasaran dikumpulkan berdasarkan kebutuhan (RPS + RTM) Informasi tersebut disusun kembali/ditulis ulang dengan gaya bahasa dan strategi yang sesuai untuk menjadi buku ajar (digubah), kemudian ditambahkan:
Kemampuan/kompetensi yang akan dicapai. 
Petunjuk belajar bagi mahasiswa. 
Latihan. 
Ringkasan. 
Umpan balik. 
Evaluasi formatif.

PERTIMBANGAN PENULISAN BUKU AJAR OLEH GURU/DOSEN

Guru merupakan pakar dalam bidangnya (menguasai bidang ilmu). 
Guru mempunyai kemampuan menulis. 
Guru memahami kebutuhan mahasiswa dalam bidang ilmu yang dibinanya. 
Guru memiliki kemampuan mendesain pembelajara
Nah guru adalah pakar bagi dirinya sendiri yaaa
ini skill kita sebenarnya ga bisa tertandingi dg profesi pekerjaan yg laina, bangga menjadi guru

PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN MATERI BUKU AJAR

1. PRINSIP RELEVANSI
Materi pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika kemampuan yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta.

2. PRINSIP KONSISTENSI/KEAJEGAN
Materi pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa empat macam, maka materi buku ajar yang harus dikembangkan juga harus meliputi empat macam
3. PRINSIP KECUKUPAN
Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya.

SISTEMATIKA BUKU AJAR
Biasanya tergantung dari penerbit juga ya, tetapi kita sbg seorang guru juga memiliki kesiapan unt menata outline buku kita sendiri yaitu: 

BAB 1 Pendahuluan
Penyajian
Penutup
Daftar Pustaka
Senarai (glossary)

Tinjauan Mata Pelajaran : Prakata  
֍ Petunjuk Penggunaan Buku Ajar bagi Mahasiswa 
֍ Identitas Mata Kuliah 
֍ Deskripsi Singkat Isi Buku Ajar 
֍ Kegunaan Mata Kuliah bagi Mahasiswa 
֍ Capaian Pembelajaran Mata kuliah

2. BAB I 
Kemampuan Akhir 
Indikator 
Pendahuluan,
terdiri dari: 
  1. Deskripsi singkat berupa gambaran umum tentang cakupan bab tersebut
  2. Relevansi antara bab tersebut dengan pengalaman yang telah dimiliki mahasiswa atau manfaat bagi mahasiswa.

Penyajian:     
  1. Uraian atau penjelasan materi (sesuai dengan jenis 
  2. Materi) dan diikuti dengan contoh-contoh. 
  3. Ilustrasi yang sesuai dengan uraian materi. 
  4. Tugas dan Latihan yang dilakukan mhs setelah membaca uraian materi
  5. Rangkuman/ringkasan dari konsep atau prinsip yang dibahas.

Penutup, 
terdiri dari:   
  1.  Penilaian, konsisten dengan rumusan indikator dan Kemampuan Akhir. 
  2. Umpan balik, untuk dapat menilai sendiri hasil belajarnya (kunci jawaban tes). 
  3. Tindak lanjut. 

Dalam hal tindal lanjut ini diperlukan juga: 
DAFTAR PUSTAKA 
SENARAI, yaitu berupa daftar istilah teknis yang dianggap penting dan perlu dijelaskan. 
DAFTAR INDEX (jika diperlukan).


Sesi Tanya Jawab

Ada beberapa pertanyaan dari para peserta:

P1
Assalamualaikum ibu.saya ibu Umatun Nur Islamiyati,dari Magelang. 
Pertanyaan Bagaimana langkah langkah membuat buku ajar yang bermutu?
Maturnuwun

Buku bermutu yg bisa mengukur adalah masing2 guru pengampu mata pelajaran, RPS yg dibuat itu dasarnya, sesuai kurikulum dan saat ini didukung bgmn implementasi dg merdeka belajar itu sangat dibutuhkan saat ini, kolaborasi kurikulum, seni merancang ide2 guru tentunya yg sesuai dg kondisi dan karakter siswa di manan siswa itu berada

P2
Imro'atus Sholihah_Jombang Jatim
Ada istilah bahan ajar, modul ajar, dan diktat. Sepertinya ketiganya hampir sama?
Di antara tiga itu mana yang lebih tepat dibuat dan digunakan?
Bahan ajar biasanya dipakai di kalangan sekolah sendiri, kalau seperti ini siapa yg mengesahkan agar ada nilai KUMnya?

Jawaban

Terima kasih.
ini buku hasil tuangan dari bahan ajar sendiri, sesuai kurikulum dan ssi RPS masing2 guru, semua dpt dihargai dan ada nilai KUM, namun yg paling tinggi nilai KUM nya adalah buku hasil penelitian yaitu buku monograf dan referensi

P3
Selamat malam, perkenalkan nama saya Hasbi Aprizal, yang ingin di tanyakan adalah bagaimana caranya untuk menuliskan sebuah referensi didalam buku ajar ?

Jawaban
nah ini menarik sekali pertanyaannya, semoga Bp Hasbi juga seorang guru yg ingin menuangkan unek2 nya sampai menulis buku referensi
nah ini dipecah dari buku referensi mjd buku ajar
tentunya buku referensi ini adalah hasil penelitian yg didukung oleh beberapa temuan sebelumnya yg bisa mendukung hasil penelitian secara ilmiah
dan ini sangat mengkerucut
kalo referensi berdasakan penelitian kalo buku ajar hasil desain seorang guru dari RPS nya
bgmn mengkolaborasikan antara referensi ke buku ajar?
tentunya adalah guru bisa mengambil cuplikan hasil penelitian atau materi yg sangat menarik di anatara materi yg sdh di siapkan diangkat mjd sebuah buku ajar, ini menarik skli, spt buku sy yg menang tsb adalah hadil peneltian di kampus krn menarik saat itu perlu ilmu ttg belajar jarak jauh terutama ilmu BK yaitu bgmn siswa/mhsw memiliki sikap menghormati/menghargai guru/dosen dalam belajar, ini yg sy angkat dlm buku sy tsb
ini namanya buku bernovelty, buku yg ada ruh nya.
bpk ibu bisa mengangkat salah satu rancangan yg sdh tersedia ambil salah satunya baru di carikan teori nya, sbg bahan referensi terkait keilmuan tsb.
jadilah buku ajar yg sangat menarik dan sangat dibutuhkan oleh siswa krn guru mengangkat buku tsb dari pengalaman guru itu sndiri di kelas
bgmn Bp Hasbi?

P4
Farida Lisanti

Assalamualaikum Bunda Muda dan Bunda Emut 
Saya sangat tertarik dengan materi yang disampaikan karena saya juga pernah ikut tim penyusun buku ajar bahasa daerah setempat yg di rekrut Dinas Pendidikan, namun saya mendapat kendala ketika buku ajar sudah siap diajarkan kepada siswa di sekolah-sekolah ternyata banyak guru yang mengajar mapel mulok bahasa daerah ini kesulitan dalam menyampaikan materi sebab mengajarkan bahasa daerah setempat, sedangkan gurunya berasal dari propinsi lain. 

Apa yg harus dilakukan saya pribadi, dan Dinas Pendidikan agar pembelajaran bahasa daerah ini dapat dilaksanakan dengan baik? 

Jawaban:

Terima kasih Bunda 🙏
nah ini juga sangat menarik
kita membuat buku juga berdasarkan hasil observasi bahwa nilai kebutuhan buku tsb yg akan menggunakan hrs sesuai, syukur2 juga melakukan penyebaran angket untuk kebutuhan buku selain observasi dan waancara terkait kebutuhan buku tsb?
di ats sdh sy jelaskan terkai kemampuan menulis dasanya adalah: 
  • Penguasaan Ilmu
  • Kemampuan Berbahasa
  • Komitmen Guru
itu bekal dasar bgmn kita menulis buku yg bermanfaat

P9
Selamat malam bu.. 🙏🏻
Nama Saya Siti Badriyah dari Lamongan. 
Izinkan saya bertanya. Dalam kurmer guru dibebaskan untuk mengembangkan kemampuannya dan kemampuan siswa. 

Apa manfaat bahan ajar yang kita buat sendiri dibandingkan bahan ajar yang sudah disiapkan negara? 

2. Bagaimana cara membuat bahan ajar yang menarik? 

Terimakasih

Jawaban:
kerenn banget, ya memang siswa diberi kebebasan untuk mengasah kemampuannya, maka guru hrs punya inisiasi yg super
bahan ajar yg menarik adalah bahan ajar yg bisa memenuhi kebuthan siswa nya
spt apa kebutuhan siswanya?
siswa akan belajar mandiri yg diberi kebebasan untuk mengolah info dari guru
bgmn buku yg tepat untuk siswa yg belajar mandiri?
 ya guru hrs memfasilitasi buku modul
 langkah2 pembelajaran dan keg nya di satukan dalam buku Modul atau buku Panduan
 apkah buku modul bisa ber ISBN ? yaa bisa banget tentunya megikuti kriteria penulisan buku modul

P10
IJin bertanya bu
Saya Dyah dari Kab. Bandung Barat
1. Ada istilah RPS dan RTM, ini kepanjangannya apa ya?
2. Jika menulis buku ajar tentang penggunaan sebuah aplikasi, apakah harus menggunakan aplikasi versi terbaru atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan di sekolah?
3. Untuk buku dari hasil PTK termasuk ke dalam kategori buku apa?

Jawaban 10
Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dengan Rencana Tugas Semester Mahasiswa (RTM)

Buku ajar saat ini memang di sarankan mengikuti siswa yg kekinian
aplikasi ? ya sangat bagus apalagi menciptakan sendiri aplikasi dan implementasinya

Buku hasil PTK, bisa masuk sbg buku referensi yg bobotnya tinggi, KUM nya bisa 40 full, masuk juga sbg buku monograf, krn PTK adalah bagian dari hasil penelitian
iyessss tetap semangat untuk mendapatkan pengetahuan, krn Tuhan akan memberikan kita bagi yg mau berusaha sebuah derajat diri yg tak ternilai
Mohon maaf bapak ibu untuk pertanyaan yg belum terjawab InsyaAllah akan di jawab di kompasiana sma narsum kita.


Baik, guru merupakan sosok yg akan ditiru, guru sbg model yg akan mjd figur, daya pandang siswa tak terukur karena melihat sosok guru idaman. Torehan guru menjadi prasasti bagi siswa, maka lantas guru mau seenaknya tanpa harus menjawab kebutuhan siswa yg sesungguhnya?? sungguh tidak manusiawi jika seorang tdk merancang pembelajaran yg sesuai kebutuan siswa. Oleh karena itu marilah kita menjadi seorang guru yg memiliki komitmen untuk menghargai diri sendiri sebaga seorang yg sangat ditunggu siswa. jadilah guru yg kreatif, desain lah pembelajaran yg menarik, buatlah buku ini sebagai hasil karya guru yang di tunggu itulah kata penutup sang Pemateri

Genggam semua ilmu yang telah didapat selama ini
Untuk menjadi bekal berkarya demi keabadian diri
Jangan lupa karya solo selalu dinanti.
Mohon maaf jika selama membersamai sahabat saya mempunyai kekurangan dan kesalahan. 
Uluran maaf setulus hati, bagi kesalahan yang mungkin tak sengaja melukai. 

Semoga bermanfaat .salam.literasi



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi Modul 3.1 tentang Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Gali Potensi, Ukir Prestasimu

Mengelola Majalah Sekolah